FORMULASI PERMASALAHAN TERHADAP PENGGUNAAN ELEARNING SHARE ITS BERDASARKAN POLICY ANALYSIS OF MULTIACTOR SYSTEMS DI INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

by Khairunnisa Rofifah,Hanim Maria Astuti,Anisah Herdiyanti


Date Published: 01 Nov 2016
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2016
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: e-learning,Formulasi Permasalahan,Analisis Sistem,Analisis Aktor,Policy Analysis of Multiactor Systems

Abstract

Institut Teknologi Sepuluh Nopember telah mengimplementasikan e-learning yang diberi nama SHARE ITS. E-learning ini digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di tiap semester. Namun, faktanya e-learning belum digunakan secara optimal di seluruh jurusan ITS baik oleh dosen maupun mahasiswa. Menurut P3AI, ada ratusan mata kuliah di ITS dari berbagai jurusan yan g terdaftar di SHARE ITS tetapi hanya sedikit sekali dari mata kuliah tersebut yang menggunakan SHARE ITS secara aktif. Dilihat dari banyaknya pengguna SHARE ITS, maka kepentingan masing-masing aktor yang dilakukan pada elearning SHARE ITS pun juga berbeda.Kepentingan dari pengguna SHARE ITS masih belum terpenuhi sehingga menimbulkan permasalahan kurang optimalnya penggunaan SHARE ITS. Oleh karena itu, formulasi permasalahan diperlukan dengan memperhatikan perspektif masing-masing aktor dengan menggunakan metode policy analysis of multiactor systems. Metode ini dapat menggambarkan pemahaman mengenai kepentingan, opini dan relasi antar aktor sehingga dapat merefleksikan hubungan saling ketergantungan dan kepentingan aktor. Hasil dari penelitian ini berupa formulasi permasalahan yang mencakup: hasil analisis sistem - yang meliputi: means-end analysis, objective tree diagram, causal map, system diagram, serta hasil analisis aktor - yang meliputi: problem statement, daftar aktor, formal chart, dan actor dependencies. Dengan adanya formulasi permasalahan tersebut, P3AI dapat menggunakannya sebagai referensi untuk penentuan strategi yang berkaitan dengan aktor yang terlibat sehingga dapat menyukseskan penerapan SHARE ITS.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)