MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DALAM RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMASARAN RUMAH (STUDI KASUS : PERUM PERUMNAS CABANG MEDAN

by Safrian Aswati,Yessica Siagian


Date Published: 01 Nov 2016
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2016
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: RAD,Pemasaran Rumah,Perumnas.

Abstract

Sistem pemasaran rumah yang sedang berjalan pada Perum Perumnas cabang Medan masih dilakukan dengan sistem promosi melalui brosur dan pemasangan baliho dan selanjutnya data terkait dengan pemasaran diolah dengan program aplikasi seperti MS Excel, sehingga mengakibatkan kurang efisiennya dalam melakukan promosi rumah karena sedikitnya informasi tentang perumahan yang dipasarkan apalagi masyarakat yang mengetahui informasi pemasaran rumah hanya disekitaran wilayah itu saja sehingga masyarakat yang berada diluar wilayah tidak bisa mendapatkan informasi pemasaram rumah tersebut. Dan juga proses pencarian datadata terkait dengan pemasaran rumah pada Perum Perumnas Cabang Medan sangat sulit dilakukan dan butuh waktu yang lama dikarenakan tidak adanya key sebagai kunci dalam pencarian data. Untuk itu diperlukan perbaikan sistem yang baik berupa sistem informasi yang dapat menggantikan sistem yang sudah ada dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang seperti komputerisasi. Salah satu tujuan dari penggunaansistem informasi yang didukung perangkat komputerisasi adalah untuk membantu Perumnas dalam pengolahan data pemasaran rumah dan juga membantu konsumen untuk mendapatkan informasi yang akurat berkaitan dengan rumah yang dipasarkan oleh Perumnas Cabang Medan. Sistem ini dibuat menggunakan konsep databasesebagai wadah data pemasaran rumah yang diolah. Sistem yang dirancang menerapkan model Rapid Application Development (RAD) dimana dalam model ini tahapan dalam perancangan sistem lebih dipersingkat sehingga menghasilkan sistem informasi yang baik.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)