Studi Kelayakan Aplikasi Sales Force Automation pada PT. Semesta Nustra Distrindo

by Janandra Aji Prayuda,Joko Lianto Buliali


Date Published: 01 Jan 2017
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 6 No 2
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2017.01.005

Keywords: Payback Period,Sales Force Automation,Analisis Biaya Manfaat,Net Present Value,Return of Invesment,Interate Rute of Return

Abstract

Dalam implementasi Aplikasi Sales Force Automation (SFA) sering kali terjadi permasalahan-permasalahan oleh untuk pelaku di dalam organisasi yang menyebabkan pemborosan waktu dan biaya. Maka perlu dikembangkan dengan membuat sistem yang lebih akurat dan efisien, namun sebelum pengembangan sistem dilakukan maka perlu dianalisis kelayakan terlebih dahulu. Analisis kelayakan yang dilakukan adalah dengan metode Cost Benefit Analysis(CBA). Beberapa metode CBA yang digunakan adalah Payback Period (PP), Net Present Value (NPV), Return of Investment (ROI) dan Interate Rute of Return (IRR). Dari hasil kelayakan investasi dengan PP 1 tahun 5 bulan lebih cepat dari yang diperkiraan selama 2 tahun, ROI sebesar 36 % dan NPV untuk 2 tahun dengan suku bunga 10 % pertahun bernilai positif yaitu sebesar Rp. 20,656,539.14. IRR discount suku bunga bank yaitu 16.161%. Dari hasil-hasil ini investasi layak dan dapat diterima.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)