Implementasi Metode Rough Set Untuk Menganalisa Laba/Rugi Pada Suatu Perusahaan Distributor (Studi Kasus : Usaha Kita Ps Payakumbuh)

by M.Ardiansyah Sembiring,Zulfi Azhar
( Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Royal Kisaran Sumatera Utara )

Date Published: 01 Dec 2015
Published In: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi STMIK Royal
Volume: 2
Publisher: Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Royal Kisaran Sumatera Utara
Language: id-ID

Keywords: data mining,Decision System,General Rules,Rough Set dan Reduction

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan New Knowledge (pengetahuan baru) berupa rule(aturan) melalui implementasi Data Mining metode Rough Set dalam menganalisa hasil perhitungan laba/rugi pada suatu periode akuntansi di dalam sebuah perusahaan. Penelitian ini akan dapat membantu pihak perusahaan di dalam menganalisa hasil kinerja pengelola perusahaan secara objektif dan utuh. Hasil dari penelitian ini berupa rule(aturan) yang akan menentukan kondisi pencapaian target pfofit yang dapat dikategorikan tercapai atau tidak tercapai. Proses penemuan rule(aturan) pada metode Rough Set dimulai dari pembentukan Decision System yang merupakan data awal menjadi klasifikasi periode akuntansi yang memiliki nilai atribut kondisi dan keputusan yang sama disebut Equivalence Class. Setelah didapat Equivalence Class dilakukan proses Discernibility Matrix dan Discernibility Matrix Modulo D. Selanjutnya melakukan proses Reduction yang akan digunakan sebagai acuan pembuatan General Rules. Hasil dari General Rules kemudian yang akan menjadi pengetahuan baru dalam penelitian ini. Penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan pada penelitian ini. Namun, metode Rough Set merupakan metode yang tepat untuk digunakan dalam menganalisa hasil kinerja suatu perusahaan


© 2023 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)