Penjadwalan Preventive Maintenance Air Conditioning (AC) dengan Menggunakan Metode Backpropagation Pada Kompleks Perumahan (Studi Kasus di Perumahan PT. Chevron Pacific Indonesia )

by Zulfi Azhar
( Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Royal Kisaran Sumatera Utara )

Date Published: 01 Dec 2015
Published In: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi STMIK Royal
Volume: 2
Publisher: Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Royal Kisaran Sumatera Utara
Language: id-ID

Keywords: JST,data penjadwalan pemeliharaan secara berkala,data pemeliharaan bukan secaraberkala dan Algoritma Backpropagation

Abstract

Perusahaan PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) mempunyai karyawan yang sebagian besar pegawainya tinggal di perumahan. Perusahaan membuat suatu program fasilitas pelayanan pada perumahan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para karyawan dan keluarganya agar mereka dapat menikmati dan tinggal di perumahan dengan nyaman. Penggunaan AC yang baru akan berjalan dengan baik dan lancar disertai dengan program pemeliharaan rutin dan pemeliharaan secara berkala (preventive schedule). Sementara pemeliharaan AC secara tidak berkala (preventive unschedule) juga dilakukan apabila ada kerusakan. Dalam melakukan pemeliharaan secara tidak berkala tersebut membutuhkan beberapa kriteria yang diambil dari beberapa laporan kerusakan yang ditemukan dilapangan. Kriteria kerusakan tersebut merupakan sebagai data dalam penjadwalan secara tidak berkala. Penjadwalan AC preventive schedule dan preventive unschedule digunakan sebagai target , yang salah satu diantaranya merupakan hasil akhir yang akan digunakan untuk menentukan penjadwalan yang selanjutnya. Untuk menentukan pemeliharaan AC penjadwalan secara berkala dan secara tidak berkala membutuhkan penggunaan metode backpropagation untuk menganalisa dan menguji dari data laporan dan kriteria kerusakan.


© 2023 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)