EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI DESA (SMARD) MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

by Putri Widji Utami,Andeka Rocky Tanaamah


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2017
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: technology acceptance model,SIAK,SMARD,Microsoft Excel 2010

Abstract

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) perlu menyadari adanya pengaruh kuat berkaitan engan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Disadari bahwa masih banyak permasalahan yang muncul mengenai data kependudukan. Kesalahan pengisian atau penulisan terhadap segala macam formulir data penduduk catatan sipil yang belum terisi dengan lengkap dan benar menjadikan proses administrasi berjalan lama. Oleh karena itu, Disdukcapil membuat aplikasi pendukung Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang disebut SMARD. Aplikasi ini membantu proses verifikasi dan validasi terhadap SIAK mengenai data kependudukan dan catatan sipil. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai dasar teori untuk menentukan pengaruh penerimaan dan adopsi SMARD oleh petugas register atau perangkat desa. Kami mendistribusikan 70 kuesioner kepada petugas Register dan Perangkat Desa yang menggunakan aplikasi SMARD. Menggunakan Microsoft Excel 2010 untuk menganalisis data kami menemukan bahwa self efficacy, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kebermanfaatan, kecenderungan perilaku, dan keberhasilan implementasi secara signifikan mempengaruhi tingkat penggunaan SMARD di kelurahan atau desa di Kabupaten Semarang.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)