POTENSI MEDIA SOSIAL BAGI USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI MALANG RAYA

by Swasta Priambada


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2017
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: UKM,Pemasaran,Media sosial,pangsa pasar,Malang Raya

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memerlukan media pemasaran yang efektif untuk memperluas pangsa pasar. Media Sosial merupakan salah satu media pemasaran untuk mendukung tujuan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi media sosial yang paling sering digunakan dan dianggap paling efektif untuk membantu pemasaran UKM. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif pada UKM di Malang Raya (n=41). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial yang paling banyak digunakan adalah Whatsapp, Facebook dan Instagram (87.8%, 75,6%, dan 58,5%). Tujuan utama penggunaan media sosial: untuk promosi/iklan (92.7%), melakukan interaksi dengan konsumen (70.7%), dan galeri/update produk (51.2%). Media Sosial yang dianggap paling efektif untuk pemasaran menurut persepsi responden adalah Facebook, Whatsapp dan Instagram (46,3%, 26,8%, 22,0%). Penelitian ini tidak menemukan adanya hubungan antara total jenis media sosial yang digunakan dan lama menggunakan media sosial terhadap estimasi profit. Facebook, Whatsapp dan Instagram merupakan media sosial yang dianggap paling efektif untuk memperluas pangsa pasar UKM.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)