Keywords: Strategi,Peningkatan Omset,UKM Percetakan,Analisis SWOT
UKM (Usaha Kecil Menengah) mempunyai peranan penting dalam pertumnuhan ekonomi. Salah satunya adalah UKM Percetakan. UKM Percetakan merupakan usaha yang bergerak di bidang percetakan. Hasil produk dari usaha percetakan adalah banner, poster, brosur, dan sebagainya. Pendekatan yang dilakukan menggunakan analisis SWOT. Tujuan menggunakan analisis SWOT adalah untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman). Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Strategi peningkatan omset UKM Percetakan berdasarkan hasil dari penelitian adalah memperluas pangsa pasar, meningkatkan kualitas produk, memperbaiki mesin produksi dan kemasan, mempertahankan harga produksi, membuat website pemasaran, menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan pemerintah.