STRATEGI PENINGKATAN OMSET UKM PERCETAKAN DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT

by Titus Kristanto,Eka Cahya Muliawati,Rachman Arief,Syaiful Hidayat


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2017
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Strategi,Peningkatan Omset,UKM Percetakan,Analisis SWOT

Abstract

UKM (Usaha Kecil Menengah) mempunyai peranan penting dalam pertumnuhan ekonomi. Salah satunya adalah UKM Percetakan. UKM Percetakan merupakan usaha yang bergerak di bidang percetakan. Hasil produk dari usaha percetakan adalah banner, poster, brosur, dan sebagainya. Pendekatan yang dilakukan menggunakan analisis SWOT. Tujuan menggunakan analisis SWOT adalah untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman). Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Strategi peningkatan omset UKM Percetakan berdasarkan hasil dari penelitian adalah memperluas pangsa pasar, meningkatkan kualitas produk, memperbaiki mesin produksi dan kemasan, mempertahankan harga produksi, membuat website pemasaran, menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan pemerintah.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)