Keywords: e-commerce,information retrieval,average rating,wilson score interval.
Pengguna gawai sering kali tidak menemukan aplikasi yang benar-benar ia butuhkan saat melakukan pencarian. Pada toko aplikasi, biasanya aplikasi yang memiliki rating paling tinggi berada pada posisi paling atas. Aplikasi dengan jumlah voting sedikit namun memiliki rating tinggi akan mendapatkan posisi lebih atas dibandingkan dengan aplikasi yang memiliki banyak voting namun rating nya sedikit lebih rendah. Pengguna lebih sering mengunduh aplikasi yang berada pada urutan paling atas padahal belum tentu aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang paling relevan dengan kebutuhannya. Pada penelitian ini, dibangun sebuah prototipe fitur voting dan urutan peringkat dengan menggunakan perhitungan Wilson Score Interval dan membandingkan usabilitasnya dengan metode rata-rata rating. Metode wilson mempunyai sifat yang baik untuk data dalam jumlah kecil maupun besar sehingga sesuai untuk diimplementasikan dalam studi kasus ini. Dengan menghitung proporsi dan confidence level sebesar 95% maka diharapkan dapat mendukung tujuan dari dibangunnya prototipe ini yaitu untuk meningkatkan relevansi hasil pencarian yang diharapkan dapat membantu pengguna dalam melakukan proses pencarian produk aplikasi yang paling sesuai.