CekPolusi (Android): Sistem Interaktif Kualitas Udara Mengajak Masyarakat dalam Menurunkan Polusi Udara

by Irmasari Hafidz,Zain Maulana Azmi,Ilham Firdiyanto,Pramitya Lisnawaty A,Dina Nandika,Ratih Cahyaningtyas,Nur Aini Rakhmawati


Date Published: 01 Sep 2017
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 7
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2017.09.001

Keywords: Android,polusi udara,CekPolusi,Kualitas Udara,Kampanye Udara Sehat,Gamifikasi

Abstract

Polusi udara merupakan perubahan komposisi dari zat udara sehingga kualitas dari zat tersebut menjadi berkurang atau tidak bisa lagi diperuntukkan sesuai fungsinya. CekPolusi (android) adalah aplikasi berbasis Android sebagai sistem yang menampilkan informasi secara akurat dan informatif mengenai kualitas udara, dampak, serta cara mengantisipasinya, yang merupakan project lanjutan dari Cek Polusi web version di tautan http://cekpolusi.addi.is.its.ac.id/. Sumber data berasal dari informasi stasiun pemantau, tingkat konsentrasi polutan, dan nilai batas toleransi dari Kementrian Lingkungan Hidup, Badan Lingkungan Hidup (atau BLH) Surabaya dan Environation ITS. CekPolusi (android) menginformasikan kondisi kualitas udara dalam angka dan tingkat kualitas udara sesuai Air Quality Index. CekPolusi (android) mengajak masyarakat untuk mengurangi polusi udara dengan kampanye udara sehat. CekPolusi (android) memiliki fitur gamifikasi berupa My Emission dan Let’s Walk yang diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Pengembangan aplikasi CekPolusi (android) dilakukan dengan metode SDLC prototype dan aplikasi ini sudah dapat ditemukan di PlayStore.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)