Pembuatan Perangkat Audit Berbasis Risiko Berdasarkan COBIT 5 dan Service Desk Standard pada Service Desk

by Sarah Putri Ramadhani,Anisah Herdiyanti,Hanim Maria Astuti


Date Published: 01 Sep 2017
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 7
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2017.09.005

Keywords: Service Desk,COBIT 5,Perangkat Audit,Permintaan Layanan,Insiden,COBIT 5 for Risk,Service Desk Standard.

Abstract

Service Desk pada Direktorat Pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi (DPTSI) bertugas menangani insiden dan memenuhi permintaan layanan teknologi informasi (TI). Namun DPTSI belum pernah mengadakan pengendalian internal terhadap prosesnya. Untuk memastikan pengelolaan telah diterapkan sesuai dengan kontrolnya diperlukan audit TI terhadap unit tersebut. Salah satu hal yang perlu disiapkan dalam melaksanakan audit adalah perangkat audit agar auditor memiliki kertas kerja dalam menjalankan proses audit. Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat audit pada service desk DPTSI yang dibuat berdasarkan control objective pada Service Desk Standard yang dipetakan dengan proses pada best practice COBIT 5 Domain DSS02 Manage Service Requests and Incidents. Ruang lingkup perangkat audit juga ditetapkan melalui control objective yang dipetakan dengan risiko TI pada service desk berdasarkan COBIT 5 for Risk APO12 Manage Risk. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah dokumen perangkat audit beserta panduan penggunaannya, yang nantinya diharapkan dapat membantu DPTSI untuk melakukan audit pada service desk


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)