Evaluasi Kualitas Proses Rekayasa Kebutuhan Knowledge Acquistion in Automated Specification Menggunakan Model Concern of Requirement Engineering

by Fransiskus Adikara


Date Published: 01 Jan 2018
Published In: Jurnal Sisfo Volume 07 Nomor 02
Volume: Vol 7
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2018.01.001

Keywords: Evaluasi Kualitas Rekayasa Kebutuhan,Rekayasa Kebutuhan,Elisitasi Kebutuhan,KAOS,CORE

Abstract

Ada beberapa metode rekayasa kebutuhan berorietasi pada tujuan yang saat ini digunakan untuk merekayasa kebutuhan, salah satu metode yang paling sering digunakan adalah Knowledge Acquistion in Automated Specification (KAOS). Pada penelitian sebelumnya metode KAOS digunakan untuk mengembangan sistem. Pada penelitian ini digunakan model penilaian Concern of Requirements Engineering (CORE) untuk mengevaluasi KAOS secara perspektif dan memenuhi kriteria metode penelitian untuk meningkatkan kualitas proses rekayasa kebutuhan. Tujuannya yaitu untuk mengukur dan melakukan penilaian kualitas proses dari metode KAOS. Hasil pengukurannya menunjukkan bahwa metode KAOS perlu melengkapi aktivitas-aktivitasnya yang berhubungan dengan analisis dampak risiko, mengelola kesepakatan untuk perubahan kebutuhan, dan mengelola hubungan diantara kebutuhan.


© 2022 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)