PENERAPAN JARINGAN SYARAF TIRUAN DALAM MEMPREDIKSI TINGKAT PENGANGGURAN DI SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN METODE BACKPROPAGATION

by Havid Syafwan,Herman Saputra


Date Published: 01 Dec 2016
Published In: Jurteksi Royal
Volume: Vol 3 No 1
Publisher: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi STMIK Royal
Language: id-ID

Keywords: Jaringan Syaraf Tiruan,Prediksi,Metode Backpropagation,Matlab 6.5,Pengangguran

Abstract

Jaringan syaraf tiruan merupakan salah satu representasi buatan dari otak manusia yang selalu mencoba menstimulasi proses pembelajaran pada otak manusia tersebut. Jaringan syaraf tiruan dapat digambarkan sebagai model matematis dan komputasi untuk fungsi aproksimasi non-linear, klasifikasi data cluster, dan regresi non-parametrik, atau sebuah simulasi dari koleksi model jaringan syaraf biologi. Kemampuan yang dimiliki jaringan syaraf tiruan dapat digunakan untuk belajar dan menghasilkan aturan atau operasi dari beberapa contoh atau input yang dimasukkan dan membuat prediksi tentang kemungkinan output yang akan muncul atau menyimpan karakteristik input yang diberikan kepada jaringan syaraf tiruan. Salah satu organisasi yang sering digunakan dalam paradigma jaringan syaraf tiruan adalah perambatan galat mundur atau metode backpropagation. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai prediksi tingkat pengangguran di Sumatera Utara. Dalam memprediksi tingkat penganguran, jaringan syaraf tiruan dapat menghitung dan menganalisa angka pengangguran untuk tahun berikutnya. Dengan membuat sebuah desain dari jaringan syaraf tiruan tersebut dengan membuat dan menganalisa beberapa pola arsitektur menggunakan bantuan aplikasi Matlab 6.5 dimana data pengangguran didapat dari tahun-tahun sebelumnya pada Badan Pusat Statistik (BPS), dimana pada penelitian ini studi kasus yang dilakukan di Provinsi Sumatera Utara dengan menggunakan beberapa parameter-parameter masukan dari tahun 2000 – 2015. Metode Backpropagation tersebut digunakan untuk melatih dan mengawasi parameter-parameter masukan tersebut yang nantinya akan diperoleh sebuah keputusan berupa keluaran (output) yaitu prediksi jumlah pengangguran ditahun berikutnya.


© 2022 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)