Keywords: multimedia,Usability,Iqro,UCD (User Centered Design)
Keberadaan sebuah aplikasi pembelajaran sangat membantu guru dan juga siswa dalam proses pembelajaran. Aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia lebih komprehensif dan efektif karena mencakup banyak elemen, seperti teks, grafik, audio, video atau animasi. Untuk merancang sebuah aplikasi dibutuhkan sebuah konsep yang tepat agar aplikasi tersebut dapat tepat sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. UCD (User Centered Design) merupakan sebuah konsep pendekatan untuk merancang dasar dari proses informasi terhadap orang-orang yang akan menggunakan produk. Proses UCD fokus pada pengguna melalui perencanaan, desain dan pengembangan produk. UCD berperan menentukan kesesuaian tampilan aplikasi dengan karakteristik pengguna. Dalam hal ini, harus dilakukan pengumpulan data terhadap pengguna aplikasi dengan berbagai metode, yaitu wawancara, observasi dan kuesioner. Penulisan ini bertujuan merancang aplikasi multimedia pembelajaran Iqro’ yang memberikan materi belajar, soal bermain serta fitur buku Iqro’ digital menggunakan konsep UCD. Hasil dari rancangan aplikasi ini adalah mampu memberikan tingkat kepuasan dan kebergunaan (usability) aplikasi tersebut.