ANALISIS KINERJA METODE ANFIS UNTUK PERAMALAN KASUS DEMAM BERDARAH DI KABUPATEN MALANG

by Wiwik Anggraeni,Garis Narendra Kurniaji,Edwin Riksakomara,Febriliyan Samopa,Radityo Prasetianto Wibowo,Lulus Condro T,Pujiadi


Date Published: 31 May 2018
Published In: Jurnal Sisfo Volume 7 No 3
Volume: vol 7
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2018.05.002

Keywords: Adaptive Neuro Fuzzy Inference System,kinerja,peramalan,Demam Berdarah Dengue

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Malang saat ini telah menjadi kejadian luar biasa nasional di Kabupaten Malang. Pemerintah Malang sudah melakukan upaya preventif untuk menekan jumlah penderita, namun penderita DBD tetap besar. Dibutuhkan peramalan jumlah penderita sebagai dasar informasi untuk tindakan mitigasi (sistem peringatan dini). Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menerapkan metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS) untuk meramalkan jumlah penderita demam berdarah dan kemudian mengetahui bagaimana kinerja metode tersebut dari segi akurasi dan kemampuan mengikuti pola. Dalam melakukan prediksi, daerah di Kabupaten Malang dikelompokkan menjadi 3 berdasarkan ketinggian daerah, yaitu Malang Rendah, Malang Sedang, dan Malang Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Mean Absolute Percentage error sebesar 19% untuk daerah Malang Rendah, 24% untuk Malang Sedang dan 15% untuk Malang Tinggi. Sedangkan Mean Directional Accuracy sebesar 50% untuk Malang Rendah, 42% untuk Malang Sedang dan 42% untuk Malang Tinggi.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)