https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2018.05.005
Keywords: E-government,Evaluation,ISSM,IT Service,e-Sapawarga
E-sapawarga adalah salah satu contoh inovasi e-government yang masih belum dikenal secara luas oleh masyarakat Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang memperngaruhi manfaat e-sapawarga dari sudut pandang pengguna. Penelitian mengenai kesuksesan sistem ini memakai Information Systems Success Model (ISSM). Penggunaan ISSM pada penelitian ini dikarenakan terdapat beberapa variabel atau dimensi yang dapat mengukur manfaat suatu sistem informasi melalui proses layanan e-government dengan basis G2C (government to citizen). Structural Equation Modelling (SEM) digunakan untuk mengukur variabel-variabel yang terdapat dalam model ISSM melalui pengolahan data kuesioner pada 51 pengguna e-sapawarga mewakili populasi pengguna saat itu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi manfaat sistem e-sapawarga ialah System Quality, User Satisfaction, Use, dan Perceived Net Benefit. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk Dinkominfo (khususnya Media Center) yang dapat digunakan untuk perbaikan e-sapawarga di masa mendatang.