EVALUASI MARKETING INFORMATION SYSTEM BERBASIS WEBSITE PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA BANYUWANGI

by A.A Gde Satia Utama,Lady Sandra Ayu Pradianti


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: SESINDO 2018
Volume: 2018
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: website,evaluasi,marketing information system

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi marketing information system berbasis website pada website banyuwangitourism sebagai salah satu media pemasaran pariwisata oleh dinas kebudayaan dan pariwisata untuk wadah mempromosikan pariwisata Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara, observasi dan kuisioner. Sedangkan, data sekunder berupa data jumlah pengunjung wisata, survey potensi wisata, dan renstra Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survey pendahuluan, studi literatur dan penelitian lapangan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa website Banyuwangitourism masih bersifat statis, masih banyaknya masyarakat yang belum menggunakan website sehingga peran website sebagai media promosi kurang efektif, sehingga perlu dilakukannya pemodelan marketing information system berbasis website.


© 2022 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)