PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE MENGGUNAKAN TOGAF ADM (ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHOD) PADA DINAS KESEHATAN KOTA SALATIGA

by Aprilia Arum Sari,Augie David Manuputty


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: SESINDO 2018
Volume: 2018
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Arsitektur Enterprise,dinas kesehatan kota salatiga,framework TOGAF ADM

Abstract

Dinas Kesehatan Kota Salatiga merupakan instansi pemerintahan di Kota Salatiga yang bergerak di bidang kesehatan. Adanya sistem informasi dan teknologi informasi merupakan kebutuhan mendasar dan sudah diterapkan di Dinas Kesehatan Kota Salatiga, namun tidak semua bagian sudah menerapkannya karena masih ada yang belum terintegrasi dengan sistem, sehingga kegiatan proses bisnis belum berjalan dengan efektif. Untuk mengatasinya yaitu dengan membuat perencanaan arsitektur enterprise yang dapat mengintegrasikan sistem yang ada terdahulu dengan sistem yang akan dibangun. Metodologi ini menggunakan TOGAF ADM (Architecture Development Method) dalam pengumpulan datanya melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adala h gambaran pemodelan usulan blueprint sistem informasi dan teknologi informasi sebagai landasan dasar yang diperlukan saat ini dan yang akan datang untuk strategi kegiatan bisnis di Dinas Kesehatan Kota Salatiga.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)