BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) PROSES PENGADAAN BARANG NON-PART DENGAN MEMBANGUN E-CATALOG (STUDI KASUS DI PT.TMMIN)

by Sasmito Budi Utomo,Rida Indah Fariani


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: SESINDO 2018
Volume: 2018
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: BPI,e-catalog,perbaikan,business process improvement

Abstract

Kebutuhan Business Process Improvement (BPI) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari improvement yang berkesinambungan di mana menjadi kunci keberhasilan suatu organisasi. Makalah ini membahas perbaikan pada proses bisnis pengadaan barang dengan studi kasus di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT. TMMIN). Terdapat beberapa kendala pada proses pengadaan barang non-part, yaitu lamanya proses pengadaan, adanya penumpukan kertas, material tidak terstandar dan harga tidak transparan. Untuk mengatasi kendala tersebut, diterapkanlah BPI dengan pembangunan e-Catalog. e-Catalog merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk melakukan persiapan data master hingga operasional dalam proses pengadaan barang non part. Hasil perbaikan ini diproyeksikan akan mengurangi kebutuhan manhour rata-rata sebanyak 81,4% per transaksi dan menghilangkan kebutuhan kertas dalam transaksi. Selain itu, material yang dapat dipesan adalah material yang terdaftar pada sistem, sehingga data material akan lebih terstandar dan informasi harga dapat diketahui semua pihak.


© 2022 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)