ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANCE SEARCH ENGINE BERDASARKAN 1 - 5 SUKU KATA KUNCI MENGGUNAKAN STRATEGI PHRASE, MULTIPLE SEARCH, PENCARIAN FIELD & PENGGUNAAN SYMBOL

by Tri Ginanjar Laksana,Elfa Syahara


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: SESINDO 2018
Volume: 2018
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Performance,search site,search engine,phrase,field

Abstract

Tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui performance search engine yang digunakan dalam pencarian data dan informasi di lingkungan civitas akadememika IT Telkom Purwokerto. Selain hal tersebut, digunakan untuk mengetahui kesesuaian data dan informasi yang dihasilkan dari proses penelusuran dengan kata kunci pharase, mutiple search site dan pencarian field, dan penggunaan symbol. Juga dilakukan untuk mengetahui url apa saja yang menjadi rujukan yang sering muncul dari 4 strategi kata kunci tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan stategi Phrase, Multiple Search Site, Pencarian Field dan penggunaan symbol menggunakan browser google.chrome. Hasil dari penelitian ini menggunakan 23 percobaan, diketahui bahwa search site and engine google kesesuaian data dan informasi yang ditampilkan 85% dengan lebih banyak merujuk kepada situs/web yang memiliki index teratas, seperti wikipedia dengan kata kunci kelimuan dan umum, carmudi.co.id dan blibli.com untuk kata kunci jual beli dan kelebihan disedikan lamanya waktu pencarian. Kemudian diketahui bahwa search site yahoo kesesuaian data dan informasi yang ditampilkan nilai 81%, dengan lebih banyak merujuk kepada situs/ web yang memiliki index teratas, seperti wikipedia dengan kata kunci kelimuan dan umum, dan Shopbop.com/Indah-clothing dan Lazada.co.id untuk kata kunci jual beli serta memiliki memiliki kelemahan tidak dapat mendetekci key dengan symbol dan tidak menyediakan lamanya waktu pencarian data dan informasi yang dihasilkan. Dan diketahui bahwa search site ask kesesuaian data dan informasi yang ditampilkan dengan nilai 81%, dengan lebih banyak merujuk kepada situs/ web yang memiliki index teratas, seperti wikipedia dengan kata kunci kelimuan dan umum, dan Shopbop.com/Indah-clothing dan Lazada.co.id untuk kata kunci jual beli serta memiliki memiliki kelemahan tidak dapat mendetekci key dengan symbol dan tidak menyediakan lamanya waktu pencarian data dan informasi yang dihasilkan.


© 2022 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)