( Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Jambi, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Jambi )
Keywords: modul,desain sistem pembelajaran,berbasis web
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul DSP bagi guru Bahasa Indonesia berbasis web. Modul berorientasi pada pendekatan sistem. Materi dan latihan dirancang dengan pendekatan konstruktivistik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan pengalaman guru.Model pengembangan menggunakan model Dick dan Carey (2009). Langkah model pengembangan diawali dengan menentukan tujuan umum, menganalisis pembelajaran, mengidentifikasi kemampuan bawahan, menuliskan tujuan khusus, pengembangan penilaian acuan patokan, pengembangan strategi pembelajaran, memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, merancang dan pengembangan evaluasi formatif, melakukan revisi, serta merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif.Hasil penelitian memperlihatkan, validasi Ahli TP 93,3% dan Ahli Materi 90,91%, menyatakan modul layak untuk digunakan. Hasil uji coba perorangan 84,07%, ujicoba kelompok kecil 84,84%, dan ujicoba kelompok besar 82,67% menyatakan, bahwa modul berbasis web dapat digunakan dengan baik. Disimpulkan, hasil validasi ahli dan uji coba lapangan menyatakan, bahwa modul berbasis web layak dan dapat dipergunakan. Modul berbasis web dapat digunakan guru Bahasa Indonesia, baik secara individu maupun secara berkelompok.