( Manajemen Informatika Ilmu Komputer Universitas Bina Darma )
Keywords: Internet,Waterfal,UBD
Seiring dengan berkembanganya penggunaan teknologi internet seperti dapat berkomunikasi dengan seseorang yang lain, memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain, menemukan informasi yang diberikan orang lain, atau bahkan menjual dan membeli produk-produk tertentu serta memudahkan perluasan dan pengembangan bisnis. Dengan adanya teknologi internet seperti ini, dan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di dunia maka sangat dipastikan bahwa pembangunan sebuah aplikasi penjualan berbasis web dapat dijadikan sebagai solusi untuk dapat meningkatkan pemasaran produk pada suatu intansi serta meningkatkan nilai penjualan dibandingkan dengan sistem transaksi jual beli yang hanya bisa dilakukan dengan tatap muka. Universitas Bina Darma (UBD) memiliki banyak produk yang dihasilkan oleh civitas akademikanya tetapi penjualannya masih bersifat tatap muka sehingga untuk penjualannya sangat terbatas. Penelitian ini membantu memasarkan produk yang dimiliki oleh (UBD) dan masyarakat pada umumnya juga bisa menjadi tenant yang bisa menggunakan aplikasi ini. Metode Penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan secara terstruktur dengan menggunakan pengembangan sistem yaitu metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi penjualan online yang membantu memasarkan produk baik yang dimiliki oleh UBD maupun masyarakat pada umumnya. Dengan adanya Bina Darma Niaga dapat memberikan kemudahan kepada UBD dan masyarakat pada umumnya dalam memasarkan produknya lebih luas selain menjual ditempatnya sendiri.