Analisa Dampak Knowledge Management Terhadap Performa Organisasi Studi Kasus Pada PT. Telekomunikasi Indonesia

by Rida Indah Fariani
( Jurusan Manajemen Informatika Politeknik Manufaktur Astra )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Knowledge,knowledge management,Beccera-Fernandez

Abstract

Knowledge Management (KM) merupakan salah satu perangkat aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola knowledge yang ada di lingkungan perusahaan. KM dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan diantaranya meningkatnya distribusi pengetahuan yang dapat berdampak pada meningkatnya kepuasan kerja bagi karyawan, efektifitas dan efisiensi proses, nilai tambah terhadap produk dan profit perusahaan. Dalam implementasi KM perlu dilakukan pengukuran sebagai dasar untuk melakukan pengembangan KM selanjutnya. Penelitian ini membahas pengukuran implementasi KM dengan menggunakan model pengukuran Becerra-Fernandez, yang mengukur dampak KM terhadap empat variabel yaitu karyawan, proses, produk dan performa organisasi. Untuk menerapkan model tersebut dilakukan studi kasus terhadap PT Telekomunikasi Telekomunikasi Indonesia Indonesia pada Divisi Business Consumer Analysis yang telah mengimplementasikan KM yaitu e-Knowledge. Dari hasil penelitian didapat bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan e-Knowledge terhadap karyawan, proses, produk, dan performa organisasi. Pengaruh terhadap produk merupakan dampak yang paling besar secara kuantitatif. Disarankan pihak manajemen perusahaan berfokus pada pengembangan knowledge product sebagai bagian dari pengembangan e-Knowledge.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)