( Kopertis Wilayah IV dpk Jurusan Informatika, Fakultas MIPA Universitas Jenderal Achmad Yani )
Keywords: pathfinding,A*,heuristik
Salah satu implementasi algoritma A* adalah sebuah game pathfinding. Game pathfinding merupakan game untuk mencari jalan terpendek dari titik awal menuju titik tujuan pada sebuah peta.Algoritma ini digunakan untuk menentukan jalan terpendek menuju tujuan. Performansi yang akan dihasilkan algoritma A* pada game pathfinding yaitu waktu pencarian, jumlah langkah dari titik awal menuju titik tujuan dan simpul yang diperiksa. Algoritma A* merupakan perbaikan dari metode Best-First Search (BFS) dengan menggunakan fungsi heuristik. Fungsi heuristik sering jugadisebut f(n) yang merupakan penentuan urutan titik yang akan dikunjungi terlebih dahulu.Pada penelitian ini, dilakukan analisis terhadap penggunaan nilai heuristik yang berbeda untuk menentukan performansi algoritma A* pada sebuah game pathfinding dengan ordo maksimal 31x39. Hasil pengujian aplikasi pada penelitian ini,adalah selain didapatkan jalan menuju tujuan pada sebuah map dan pelacakan cabangnya, juga memberikan hasil pencarian jalan optimal yang merupakan jalan terpendek, dengan maksimal penghalang sebanyak 1207 penghalang, maka akan didapatkan maksimal sebanyak 38 jalan.