Analisa Data Mining Metode Fuzzy untuk Customer Relationship Management pada Perusahaan Tour & Travel

by Titus Kristanto,Rachman Arief
( Jurusan Sistem Informasi ITS Surabaya, Dosen Jurusan Teknik Informatika ITATS Surabya )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: data mining,Clustering,Customer Relationship Management,Fuzzy C-Means

Abstract

Konsumen merupakan aset terpenting pada perusahaan tour & travel. Hal ini sangatlah penting bagi perusahaan tour & travel dalam merencanakan dan menggunakan strategi yang jelas terhadap konsumen. Banyaknya konsumen pada perusahaan tour & travel, maka yang harus dihapai yaitu bagaimana menentukan konsumen yang berpotensial. Dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM), maka perusahaan dapat melakukan identifikasi konsumen potensial dalam melakukan segmentasi pasar. Tujuan proses segmentasi pasar yaitu untuk mengetahui perilaku konsumen serta menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga mendapatkan keuntungan / profit bagi perusahaan. Penelitian ini menggunakan proses data mining dengan menggunakan data yang berasal dari data penjualan perusahaan dengan tujuan mencari konsumen potensial. Proses data mining dimulai dari melakukan proses clustering menggunakan algoritma Fuzzy C-Mean (FCM)dan Fuzzy Substractive (FS) Clustering. Aplikasi data mining dibangun dengan berbasis GUI menggunakan MATLAB dengan memanfaatkan beberapa macam toolbox yaitu Fuzzy Logic Toolbox dan Database Toolbox.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)