Metode Data Mining untuk Klasifikasi Kesetiaan Pelanggan Terhadap Merek Produk

by Agus Sasmito Aribowo
( Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: data mining,rule based classification,kesetiaanpelanggan

Abstract

Datapenjualan suatu produk dapatdiolah untuk mengetahuitingkat kesetiaan pelanggan terhadapmerek suatu produk. Informasi ini dapat dipakai untuk mengetahui kekuatan merek dan mengklasifikasikan pelanggan dalam kelompok pelanggan setia, pelanggan kurang setia atau pelanggan yang tidak setia. Hasil klasifikasi dapat bermanfaat untuk mengenali profil pelanggan. Tujuan penelitian adalah mengembangkan metode data mining untuk mengklasifikasi pelanggan berdasarkan tingkat kesetiaan pelanggan terhadap suatu merek produk. Selain itu penelitian juga bermanfaat untuk mengetahui kekuatan suatu merek terhadap pelanggan.Proses klasifikasi dalam penelitian inimenggunakan “rule based classification”. Setelah data penjualan masuk tahap preprocessing, data tersebut dikenai proses ekstraksi ciri dan hasilnya akan di klasifikasi menggunakan rule yang tersedia. Rule diperoleh dari pendapat Peter dan Olson tentang kesetiaan pelanggan terhadap produk. Hasil penelitian adalah suatu prosedur dan aplikasi yang akan memproses data sehingga menghasilkan informasi tingkat kesetiaan konsumen terhadap merekdan mengklasifikasikan tingkat kesetiaan konsumen terhadap suatu merek produk.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)