The Utilization of Social Networking as Promotion Media (Case Study : Handicraft Business in Palembang

by Dedi Rianto Rahadi,Leon Andretti Abdillah
( Postgraduate Program Bina Darma University, Computer Science Faculty Information Systems Study Program Bina Darma University )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: ID

Keywords: jejaring sosial media,pemasaran/promosi,hadiah bisnis

Abstract

Saat ini media sosial (Twitter, Facebook, etc.), tidak hanya sebagai media komunikasi, tapi juga untuk promosi. Media jejaring sosial menawarkan banyak keuntungan bisnis bagi perusahaan dan organisasi. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan model pemanfaatan media jejaring sosial sebagai media promosi untuk usaha kerajinan di kota Palembang.desain penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menegetahui bisnis kerajinan tangan di Plaembang memanfaatkan jejaring sosial media sebagai media promosi. Hasil penelitian menunjukkan 35% bisnis kerajinan telah memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Media sosial yang digunakan adalah pengembangan blog 15%, facebook 46%, dan twitter dll 39%. Alasa mereka menggunakan media sosial adalah: 1) ongkos yang minimal, 2) mudah dikenali, 3) wilayah distribusi yang global. Media sosial menekankan pada keterlibatan langsung dengan pelanggan lebih baik. Sehingga metode pemasaran dapat lebih personal melalui komunikasi langsung dengan pelanggan.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)