Keywords: Aplikasi,Informasi,sistem,pelayanan
Kemajuan teknologi dalam bidang pelayanan membantu sebuah perusahaan berkembang dalam hal pelayanan yang dapat diakses oleh publik. Salah satu dari kemajuan teknologi adalah suatu sistem informasi yang berbasis online. Sistem pelayanan di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Tangerang belum mempunyai suatu sistem yang mencakup seluruh kegiatan pelayanan, pelayanan yang ada masih menggunakannya lembaran formulir untuk setiap kegiatan pelayanan, yang mengakibatkan berkas tersebut menjadi tidak tertata. Dengan adanya suatu sistem komputerisasi pelayanan yang berbasis online dapat memudahkan pendonor atau konsumen untuk mendapatkan informasi serta dalam beberapa hal pengajuan pelayanan tanpa harus bertatap muka secara langsung. ada beberapa metode dalam menganalisa permasalah ini, dimana untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan maka dalam penulisan menggunakan metode observasi, wawancara, serta studi pustaka. Selain metode pengumpulan data dalam menganalisa sebuah perusahaan menggunakan metode Value Chain yang menjadikan sebuah aktivitas dalam perusahaan menjadi nilai, nilai yang terkandung didalamnya meliputi semua pelayanan yang ada di Unit Transfusi Darah. Kemudian untuk metode menganalisa sistem yang berjalan menggunakan Unified Modelling Languange sebagai alat bantu yang dapat digunakan dalam bahasa pemrograman berbasiskan objek. Selain UML, untuk menggambarkan kebutuan dalam pembuatan sistem tentang apa saja yang harus ada di dalam sistem menggunakan metode elisitasi.